BAB I
PENDAHULUAN
Dalam pembelajaran IPA di MI, keberhasilan peserta didik tidak terlepas dari bimbingan seorang guru (pihak sekolah) dan faktor dari peserta didik itu sendiri. Sehingga dalam strategi pembelajaran konstruktivisme bahwa seorang guru tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan akan tetapi menjadi pendamping, fasilitator, pendukung kognitif, menilai tiap peserta didik dengan terbuka dan objektif serta memfasilitasi peserta didik dengan memberikan kesempatan untuk menemukan dan menerapkan ide-ide mereka sendiri dan membelajarkannya dengan secara sadar menggunakan strategi mereka sendiri untuk belajar.
Pada hakekatnya proses pembelajaran IPA di MI seorang guru harus menerapkan tiga dimensi dalam proses pembelajaran yaitu : IPA sebagai produk, IPA sebagai proses dan IPA sebagai pemupuk sikap (pengembangan sikap ilmiah). Dengan melalui pendekatan konstruktivisme serta menggunakan metode “Pemecahan Masalah” agar mendukung pendekatan keterampilan proses pembelajaran IPA di MI. Sehingga akan meningkatkan kreativitas dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran IPA.
A. Tujuan Penulisan Karya Ilmiah
Berdasarkan pemaparan di atas maka tujuan penulisan karya ilmiah sebagai berikut.
1. Untuk lebih mengetahui dan memahami pembelajaran IPA MI melalui strategi pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran IPA di MI.
2. Untuk lebih mengetahui dan memahami pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA di MI dengan menggunakan metode “Pemecahan Masalah” dalam materi “Sifat dan Guna Benda” Kelas I Semester I di Sekolah MI.
3. Untuk lebih mengembangkan rasa ingin tahu, sikap kognitif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA dan lingkungan sekitar.
4. Untuk memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa beradasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaan-Nya.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBELAJARAN IPA DI MI
1. Pendekatan Konstruktivisme
Pendekatan konstruktivisme merupakan teori pembelajaran kognitif yang baru dalam psikologi pendidikan yang menyatakan bahwa peserta didik harus menemukan sendiri dan mentransformasikan informasi kompleks, mengecek informasi baru dengan aturan-aturan lama dan merevisinya (apabila aturan-aturan tersebut sudah tidak sesuai lagi), (Dahar, 1998). Sehingga peserta didik akan memahami dan dapat menerapkan pengetahuan, memecahkan masalah menemukan sesuatu untuk dirinya dan berusaha semaksimal mungkin dengan menggunakan ide-ide mereka sendiri dan membelajarkannya dengan secara sadar menggunakan strategi mereka sendiri untuk belajar.
Prinsip untama dalam konstruktivisme adalah bahwa guru tidak hanya sekedar memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Tapi guru sebagai pembimbing, fasilitator, pendukung kognitif, memotivasi dan memfasilitasi dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dengan cara (minat) dan bakatnya masing-masing serta guru harus menilai setiap peserta didik dengan terbuka dan objektif.
2. Hakekat Pembelajaran IPA
a. Hakekat Pembelajaran IPA
Dalam penulisan karya ilmiah ini, hakekat pembelajaran IPA ditinjau dari 3 dimensi atau segi, yaitu : IPA sebagai produk, IPA sebagai proses, dan IPA sebagai pemupuk sikap (pengembangan sikap ilmiah) yang ketiganya bersifat saling terkait. Sehingga dalam proses pembelajaran akan berjalan dengan efektif, efisien serta menumbuhkan sikap ilmiah pada peserta didik.
1) IPA sebagai Produk
IPA sebagai produk merupakan hasil upaya yang umumnya berupa fakta, konsep, teori, hukum, prosedur yang tersusun secara lengkap dan sistematis dalam bentuk buku-buku teks, film-film dokumen (CD/DVD) yang semuanya dianggap sebagai Body of Konowledge. Dalam proses pembelajaran IPA di MI, hendaknya seorang guru dapat membimbing siswa untuk membentuk (produk) sesuatu yang baru dan masih berkaitan dengan materi.
2) IPA sebagai Proses
IPA sebagai proses adalah untuk mendapatkan IPA yang dilakukan melalui metode ilmiah. Guna dapat melakukan kegiatan proses dalam proses mendapatkan IPA. Keterampilan-keterampilan proses yang meliputi : Observasi, Pengendalian variabel, Klasifikasi, Perencanaan dan Pelaksanaan Penelitian, Interpretasi, Inferensi, Prediksi, Aplikasi, Hipotesis, Komunikasi.
3) IPA sebagai Pemupuk sikap
Di dalam konteks pengajaran IPA, sikap dibatasi pengertiannya pada sikap alam sekitar. Sikap ilmiah yang dapat dikembangkan pada anak usia MI adalah : Sikap ingin tahu, Sikap ingin mendapatkan sesuatu yang baru, Sikap kerjasama, Sikap tidak putus asa, Sikap mawas diri, Sikap tidak berprasangka, Sikap berpikir bebas, Sikap disiplin diri
Sikap-sikap ilmiah tersebut dapat dikembangkan apabila peserta didik melakukan diskusi, percobaan, simulasi atau observasi lapangan.
b. Keterampilan Prose Pembelajaran IPA
Keterampilan proses pembelajaran IPA dalam materi “Sifat dan Guna Benda” dengan menggunakan metode pendekatan keterampilan proses pembelajaran IPA dan untuk mendukung keterampilan-keterampilan tersebut dalam materi ini menggunakan metode “Pemecahan Masalah”. Pendekatan keterampilan proses pembelajaran IPA yang digunakan yaitu :
1) Keterampilan bertanya (menemukan masalah)
Merupakan keterampilan utama dalam IPA, karena untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan menemukan masalah.
2) Keterampilan mengobservasi
Keterampilan yang menggunakan segenap panca indra untuk memperoleh informasi atau data yang mengenai benda atau kejadian.
3) Keterampilan berkomunikasi
Keterampilan cara menyampaikan hasil pengamatan kepada orang lain dengan melalui tulisan, grafik, gambar secara rinci.
4) Keterampilan menyimpulkan
Keterampilan menyimpulkan merupakan keterampilan untuk menarik kesimpulan berdasarkan data yang telah didapatkan dan hasil kegiatan atau kejadian.
3. Metode “Pemecahan Masalah”
a. Metode Pemecahan Masalah dengan keterampilan proses pembelajaran IPA melalui keterampilan bertanya, mengobservasi, berkomunikasi dan keterampilan menyimpulkan.
Materi “Sifat dan Guna Benda” dari Kelas I Semester I MI
b. RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah Mata Pelajaran Pertemuan Ke Alokasi Waktu | : : : : | MI Ilmu Pengetahuan Alam 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator I. Tujuan Pembelajaran II. Metode dan Media Pembelajaran III. Materi Pokok Dampak Pengiring | : : : : : : : | Sifat dan Guna Benda Memahami Sifat dan Guna Benda - Mengenal sifat-sifat benda - Mengidentifikasi benda-benda yang ada di lingkungan sekitar - Mengidentifikasi kegunaan benda yang ada di lingkungan sekitar - Siswa mampu mengenal sifat-sifat benda - Siswa dapat Mengidentifikasi benda-benda yang ada di lingkungan sekitar - Siswa dapat Mengidentifikasi kegunaan benda yang ada di lingkungan sekitar a. Metode dam media pembelajaran : ceramah, tanya jawab, praktikum dan penugasan b. Media pembelajaran : ruangan kelas, alat dan bahan praktikum dan lembar kerja siswa. Sifat dan Guna Benda Dengan adanya materi pembelajaran sifat dan guna benda, siswa dapat mengenal sifat-sifat benda (sifat, bentuk, ukuran, rasa, warna, bau, benda halus dan kasar serta kegunaannya) di lingkungan sekitar. |
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan Awal
§ Guru menyapa siswa
§ Berdo’a
§ Mengabsen
§ Mengkondisikan siswa
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
§ Menjelaskan materi
§ Tanya jawab tentang sifat dan guna benda yang ada di ruangan kelas
§ Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok, tiap-tiap kelompok dibagi alat dan bahan praktikum untuk mengisi Lembar Kerja Siswa (LKS)
§ Guru membimbing peserta didik dalam melaksanakan praktikum
§ Setiap kelompok memberikan hasilnya kepada guru
§ Tanya jawab tentang praktikum (perubahan, rasa, manfaat hasil dari percobaan) serta guru memberikan penguatan.
c. Kegiatan Akhir
§ Memberikan kesimpulan tentang materi yang sudah diajarkan
§ Memberikan penugasan (PR)
§ Menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
V. Saran dan Sumber Belajar
a. Sarana : Ruangan di sekitar kelas (benda-benda yang ada di kelas)
b. Sumber Belajar : Buku IPA MI Kelas I Semester I
VI. Penilaian
a. Prosedur : Proses dan Penilaian Akhir
b. Teknik : Tes dan Non Tes
c. Jenis : Lisan dan Tulisan
d. Bentuk : Isian
e. Alat penelitian : LKS dan Soal tes (terlampir)
Mengetahui Kepala Sekolah ( ........................................ ) NIP. ................................... | Guru Kelas ( .......................................... ) NIP. ................................... |
LEMBAR EVALUASI
A. Pilihlah jawaban yang benar !
1. Warna seragam sekolahmu pada hari senin ............
a. Merah Putih b. Biru c. Abu-abu
2. Papan tulis berbentuk ...................
a. Bulat b. Persegi Panjang c. Segitiga
3. Ibu guru menghapus papan tulis menggunakan .................
a. Penggaris b. Pensil c. Penghapus
4. Gula rasanya ....................
a. Asin b. Manis c. Pahit
5. Balpoint gunanya untuk ...........
a. Menggaris b. Menulis c. Menghapus
6. Buku tulis permukaannya terasa .........................
a. Kasar b. Halus c. Tebal
7. Bendera lebih ...................... dari pada sapu tangan.
a. Ringan b. Berat c. Luas
8. Tumpukan sampah berbau ......................
a. Harum b. Tidak Sedap c. Enak
9. Aku membuang sampah di ...........................
a. Kelas b. Tempat Sampah c. Jalan
10. Kursi gunanya untuk .......................
a. Duduk b. Tidur c. Menulis
B. Essay !
Amatilah pasangan benda-benda berikut !
1. Berilah tanda (ü) ceklis pada benda yang lebih besar !
2. Berilah tanda (ü) ceklis pada benda yang lebih panjang !
3.
Berilah tanda (ü) ceklis pada benda yang lebih tebal !
|
|
4.
Berilah tanda (ü) ceklis pada benda yang lebih berat !
|
|
5. Tulislah rasa benda berikut !
Gula rasanya ................... Garam rasanya .......................
Jamu rasanya ................... Buah Asem rasanya ...................
6. Sebutkan warna kedua benda di bawah ini !
Bendera warnanya ............... Tas warnanya .......................
7. Tulislah persamaan antara pasangan benda berikut !
Pensil Untuk ............... Kapur Untuk ...............
Pensil dan Kapur sama gunanya.
Manggis bentuknya ............... Semangka Bentuknya ............
Manggis dan Semangka sama bentuknya.
8. Isilah titik-titik di bawah ini !
Ini penggaris
Penggaris berbentuk ............................
Gunanya Untuk ............................
Ini tempat kapur
Tempat kapur berbentuk .............
Gunanya untuk .......................
9. Lihatlah gambar di bawah ini ! Mana benda yang permukaannya halus dan kasar ?
Buku jika diraba Ban Mobil jika diraba
permukaannya ............... permukaannya ...................
10. Lihatlah gambar dibawah ini !
Bunga berbau .......... Sampah berbau ...........
Penilaian
Skor Nilai PG dan Essay
Jawaban Benar diberi nilai 1
|
2
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
MENGAPA BERBEDA RASA ?
Tujuan : Untuk mengetahui rasa campuran gula dan garam serta kegunaannya
Alat dan Bahan :
F 1 sendok makan gula pasir
F 1 sendok teh garam
F 1 gelas air putih
F 1 buah sendok
F 1 lap tangan
F Gelas ukur
Langkah-langkah Kegiatan
a) Siapkan gelas
b) Masukkan air putih 200 ml ke dalam gelas
c) Masukkan garam dan gula ke dalam gelas yang berisi air putih
d) Aduk pelan-pelan sampai larut
e) Diamkan selama 5 menit
Diskusi
a) Apakah terdapat perubahan rasa ?
b) Tahukah kalian ! Apa manfaat dari hasil percobaan di atas ?
c) Apa kesimpulan dari percobaan itu ?
MATERI
SIFAT DAN GUNA BENDA
Coba perhatikan benda di ruangan kelasmu, diruangan kelas terdapat berbagai benda, ada meja, kursi, papan tulis dan lemari, ada buku, pensil, pulpen dan penggaris. Setiap benda mempunyai ciri dan kegunaan.
Tahukah kamu ciri-ciri benda?
Tahukah kamu kegunaan benda ?
A. Sifat-Sifat Benda
Kamu setiap hari melihat benda, tiap benda mempunyai ciri, ciri-ciri tiap benda berbeda-beda.
1. Bentuk Benda
Tiap benda mempunyai bentuk, bentuk benda berbeda-beda, ada yang bulat, ada yang lonjong, ada yang persegi panjang dan ada juga yang tabung.
Perhatikan bentuk benda dibawah ini !
Ini Bola, Ini Papan Tulis
Bola berbentuk bulat Papan Tulis berbentuk Persegi Panjang
Ini tempat kapur, ini pensil,
Tempat kapur berbentuk kotak pensil berbentuk lonjong
Ini Gelas, Gelas berbentuk tabung
2. Ukuran Benda
Benda mempunyai ukuran.
Perhatikan ukuran benda di bawah !
Pasangan benda berikut tampak mirip
a) Besar Kecil
Balon Wawan berukuran besar
Balon Wiwik berukuran kecil
Balon Wawan lebih besar dari pada balon Wiwik
Balon Wiwik lebih kecil dari pada balon Wawan
b) Panjang Pendek
Pensil Tata berukuran panjang
Pensil Nita berukuran pendek
Pensil Tata lebih panjang daripada pensil Nita
Pensil Nita lebih pendek daripada pensil Tata
c) Tebal Tipis
Ada benda yang tebal dan ada benda yang tipis. Perhatikan benda di bawah ini !
Ini buku Tia Ini Buku Pifit
Buku Tia Tebal Buku Pifit Tipis
Buku Tia lebih ............... daripada buku Pifit
Buku Pifit lebih ................... daripada buku Tia
d) Berat Ringan
Benda berat pernah kamu lihat !
Benda ringan pernah kamu lihat !
Bandingkan pasangan benda berikut !
Ini botol Adik Ini lemari Ibu
Botol Adik ringan Lemari Ibu berat
Botol Adik lebih ringan daripada lemari Ibu
Lemari Ibu lebih berat daripada Botol Adik
e) Luas Sempit
Pernahkah kalian melihat bendera !
Bendera yang berkibar di depan sekolah !
Bendera lebih luas daripada Sapu tangan
Saputangan lebih sempit daripada Bendera
3. Rasa Benda
Benda mempunyai rasa
Rasa ada pada makanan
Bagaimana rasa gula ?
Ini gula pasir Ini garam
Gula pasir rasanya manis Garam rasanya asin
Ini cabe Ini buah pare
Cabe rasanya pedas Buah pare rasanya pahit
Ini buah asem
Buah asem rasanya masam
4. Warna Benda
Warna benda bermacam-macam
Ada yang merah, hijau, kuning
Ada yang biru, hitam dan cokelat
Ini celana Husen Ini kaos Sela
Celana Husen berwarna merah Kaos Sela berwarna Merah Muda
Ini Jeruk berwarna kuning Ini Apel berwarna hijau
Ini topi berwarna biru Ini sepatu berwarna hitam
Ini sawo berwarna cokelat Ini anggur berwarna ungu
5. Bau Benda
Benda-benda mempunyai bau
Ada yang berbau harum
Ada yang berbau tidak enak
a. Bau harum
Tentu kamu pernah melihat kapur barus
Kapur barus berbau harum
Kapur barus mengharumkan pakaian
Kapur barus mengharumkan ruangan
Ini bunga mawar
Bunga mawar berbau harum
Benda apa lagi yang berbau harum
Minyak ini wangi
Minyak wangi berbau harum
Aku memakai minyak wangi
Badanku menjadi harum
b. Bau tidak enak
Ini tumpukan sampah
Sampah dapat membusuk
Sampah berbau busuk
Bau busuk tidak menyehatkan
Ini ikan busuk
Ikan busuk berbau tidak sedap
Ikan busuk jangan dimakan
6. Benda Halus dan Kasar
Kita dapat meraba permukaan benda
Ada benda yang halus
Ada benda yang kasar
Ini buku tulis Ini gelas kaca
Buku tulis jika diraba permukaannya halus Permukaan gelas kaca halus
Ini Balok kayu Ini Batu kali
Balok Kayu kasar Batu kali kasar
7. Persamaan Benda
Kamu telah mempelajari macam-macam benda
Setiap benda ada persamaannya
Amati benda-benda berikut !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar